Search

Cegah Penyebaran Corona, Seluruh Kejari di Bali Terapkan Sidang Online - detikNews

Denpasar -

Semua kejaksaan negeri (Kejari) di wilayah Bali mulai menerapkan persidangan perkara pidana melalui sistem daring atau online. Persidangan secara online menghubungkan antara pengadilan negeri sebagai tempat hakim bersidang, kejaksaan sebagai jaksa penuntut umum (JPU), dan lapas setempat sebagai terdakwa ditahan.

"Sidang secara online ini dilakukan karena adanya upaya memutus upaya penyebaran virus COVID-19. Jaksa Penuntut Umum memiliki tugas menyelesaikan perkara yang ditanganinya sehingga dengan adanya koordinasi antara Pengadilan Negeri dan Rutan/Lapas dan kesamaan petunjuk dari pimpinan masing-masing sehingga persidangan perkara dilakukan secara online," kata Kepala Kejaksaan Tinggi Bali Idianto kepada wartawan, Selasa (31/3/2020).

Beberapa kejari di Bali sudah memulai persidangan online ini pada Senin (30/3) kemarin. Sedangkan Kejari Denpasar dan Tabanan akan memulai persidangan online hari ini, Selasa (31/3).

Dalam persidangan online ini, hakim dan jaksa penuntut umum (JPU) akan melakukannya dari kantor masing-masing. Sedangkan tahanan atau terdakwa akan melakukannya dari lapas yang sudah difasilitasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM). Untuk perkara yang berkedapatan saksi, saksi akan dihadirkan di kejari.

"Adapun posisi dari Hakim, Jaksa Penuntut Umum dan tahanan serta saksi dalam persidangan online tersebut dijelaskan, Hakim akan berada di ruang sidang Pengadilan Negeri dan membuka sidang secara online, Jaksa Penuntut Umum yang menangani akan berada di Kantor Kejaksaan Negeri dan mengikuti sidang secara online sedangkan terdakwa yang ditahan akan mengikuti persidangan online dari di rutan/lapas. Sedangkan untuk perkara yang terdapat saksi, maka Saksi akan dihadirkan di Kejaksaan Negeri bersama Jaksa Penuntut Umum," jelas Idianto.

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Tinggi Bali sudah mengecek persiapan persidangan online yang akan dilakukan di seluruh kejari di Bali. Mulai dari kesiapan sinyal, peralatan, hingga kejelasan suara saat persidangan.

(dhn/dhn)

Let's block ads! (Why?)



"bali" - Google Berita
March 31, 2020 at 10:18AM
https://ift.tt/2QSiIej

Cegah Penyebaran Corona, Seluruh Kejari di Bali Terapkan Sidang Online - detikNews
"bali" - Google Berita
https://ift.tt/2STuRRQ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Penyebaran Corona, Seluruh Kejari di Bali Terapkan Sidang Online - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.