Search

Cegah Corona, Koster Imbau Tunda Perjalanan dari dan ke Bali | Kesehatan - Gatra

Denpasar, Gatra.com - Gubernur Bali, Wayan Koster, mengaku telah mengambil sejumlah langkah guna mencegah penyebaran penularan Coronavirus Disease (Covid)-19. Salah satunya, melalui imbauan agar masyarakat tetap di rumah dan membatasi atau menunda perjalanan dari dan ke Bali.

Menurutnya, langkah ini menjadi bagian penting dari upaya meminimalisir interaksi antarindividu maupun kelompok masyarakat yang berisiko terjadinya penyebaran Covid-19.

Koster menyampaikan, hingga saat ini pihaknya belum menurup bandara dan pelabuhan untuk mencegak keluar masuknya wisatawan, baik lokal dan mancanegara. 

Ia mengatakan, sejumlah negara memang telah menempuh kebijakan menutup bandara untuk sementara waktu sehingga otomatis tidak ada penerbangan ke Indonesia atau Bali dari negara-negara tesebut.

Menutup bandara atau pelabuhan, lanjut Koster, tentu harus mengikuti arahan dan kebijakan pemerintah pusat. Jika ditutup untuk semua akses, tentu itu merupakan kebijakan lockdown yang kewenangannya ada di pemerintah pusat.

"Kami tidak melakukan itu, karena bukan kewenangan kami. Yang kami lakukan pembatasan terhadap warga ke luar dari rumah atau mengikuti kegiatan yang dihadiri banyak orang," ujarnya di Denpasar, Sabtu (28/3). 

Masih terkait dengan penanganan Covid-19, Koster menyampaikan, untuk kesiapan RS penanganan pasien di Bali secara akumulatif jumlah PDP saat ini sebanyak 130 orang. Dari jumlah tersebut yang dinyatakan negatif sebanyak 87 orang sudah pulang ke rumah dan dinyatakan sehat.

Jumlah pasien positif Covid-19 ada 9 orang terdiri 4 WNA dan 5 WNI. Selain itu, masih ada 38 orang yang dirawat di RS, baik di Sanglah maupun 10 RS pemerintah yang tersebar di kabupaten atau kota.

"Kami masih memiliki ketersediiaan ruang isolasi yang memadai sekiranya ada tambahan pasien positif nantinya," kata Koster.


Reporter: A.A. Gede Agung
Editor: Iwan Sutiawan


Let's block ads! (Why?)



"bali" - Google Berita
March 28, 2020 at 10:55PM
https://ift.tt/3bqmrrk

Cegah Corona, Koster Imbau Tunda Perjalanan dari dan ke Bali | Kesehatan - Gatra
"bali" - Google Berita
https://ift.tt/2STuRRQ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Corona, Koster Imbau Tunda Perjalanan dari dan ke Bali | Kesehatan - Gatra"

Post a Comment

Powered by Blogger.