Search

521 Pekerja Migran Pulang ke Bali, 26 Orang Dikarantina - detikNews

Denpasar -

Sebanyak 521 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bali pulang ke Indonesia. 26 orang di antaranya dikarantina.

"Yang sudah kemarin setelah kita tunggu sampai penerbangan terakhir itu jumlahnya 521 termasuk di dalamnya ada pelajar dianggap TKI, jadi 521 itu yang dikarantina 26," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Bali Ida Bagus Ngurah Arda kepada detikcom saat dihubungi, Senin (23/3/2020).

Sebelumnya data kedatangan pekerja imigran ke Bali berjumlah 205. Namun setelah penerbangan terakhir di bandara I Gusti Ngurah Rai, Minggu (22/3), Disnaker Bali mencatat ada 521 orang. Arda menyebutkan 26 orang yang dikarantina sulit disebutkan berasal dari negara mana karena bekerja di kapal.

"Datang terakhir sampai 23.00 sekian sampai penerbangan terakhir bandara sampai tutup penerbangan kita baru pulang. Sulit sekali darimananya dia bekerja soalnya dia kerja di kapal," ungkap Arda.

Sementara itu, 26 orang yang dikarantina ini karena sempat transit ke negara terjangkit virus corona. Meskipun demikian, 26 migran ini juga sudah menjalani karantina di negara asal mereka.

"Secara umum mereka yang datang itu sebelumnya sudah dikarantina di tempatnya bekerja kemudian dinyatakan sehat, tetapi dari hasil wawancara ternyata ada di antara mereka yang sempat transit beberapa negara yang terjangkit, di beberapa negara yang terjangkit jadi dikarantina. Pemeriksaanya ketat sekali selain dicek suhu juga oksigennya juga dicek sehingga ketahuan siapa-siapa yang sesak kalau yang sesak ya mau nggak mau walaupun membawa sertifikat ya dikarantina," jelas Arda.

Selain 26 orang migran yang dikarantina, 495 migran lainya diizinkan untuk pulang ke rumah masing-masing setelah diberikan edukasi oleh Pemerintah Provinsi Bali.

"Nah itu sudah pulang ke rumah masing masing juga sudah diberikan edukasi pemahaman sampai di rumah karantina mandiri, sosial distancing dilaksanakan kemudian memeriksakan diri, dia sudah paham semuanya itukan sudah standar international," jelas Arda.

(idn/idn)

Let's block ads! (Why?)



"bali" - Google Berita
March 23, 2020 at 12:27PM
https://ift.tt/3bmERJB

521 Pekerja Migran Pulang ke Bali, 26 Orang Dikarantina - detikNews
"bali" - Google Berita
https://ift.tt/2STuRRQ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "521 Pekerja Migran Pulang ke Bali, 26 Orang Dikarantina - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.