Search

Bhisama Mpu Sidhimantra Sebut Bali akan Rusak Jika Digabung Jawa - Jawa Pos

DENPASAR, BALI EXPRESS - Jika ada yang ingin menyatukan Pulau Jawa dan Bali dengan jembatan, maka akan dikutuk. Tidak itu saja. Jika itu dilakukan, maka Bali akan rusak. Hal itu terungkap dalam Bhisama Mpu Sidhimantra. Untuk itu, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali tegas menolak wacana pembuatan jembatan Jawa-Bali.

Konon pada zaman dahulu, pulau Jawa dan Bali awalnya menjadi satu. Namun akhirnya terpisah. Hal ini terkait kisah Manik Angkeran yang berjanji mengabdi kepada Naga Basuki. Guna mencegah sang putra kembali pulang, Mpu Sidhimantra dengan kekuatannya kemudian menancapkan tongkatnya. Terbelahlah Pulau Dawa menjadi Jawa dan Bali.

Ketua PHDI Bali, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M. Si mengungkapkan, dalam bhisamanya Mpu Sidhimantra melarang persatuan antara Jawa dan Bali. Disebukan ‘Nusa Jawa jayeng satru, nusa Bali stananing Hyang. Ayua angatepakan nusa Jawa lawan Bali. Wusak ikang stananing Hyang’. Artinya pulau Jawa pulau  pemerintahan dan pulau Bali stananya Para dewata. Jangan sekali-kali menyambung pulau jawa dengan bali sebab akan rusaknya pulau bali

"Oleh Ida Mpu Sidhimantra, dalam bisamanya dikatakan ‘Nusa Jawa jayeng satru, nusa Bali stananing Hyang. Ayua angatepakan nusa Jawa lawan Bali. Wusak ikang stananing Hyang’. Artinya pulau Jawa pulau  pemerintahan dan pulau Bali stananya Para dewata. Jangan sekali-kali menyambung pulau Jawa dengan Bali sebab akan rusaknya pulau bali," ungkapnya, Minggu (26/1).

Mpu Sidhimantra, jelas Sudiana, sudah mengingatkan ribuan tahun yang lalu. Jangan sampai siapa pun ingin menyatukan secara fisik antara pulau Jawa dengan Bali agar pulau Bali dan penghuninya tidak mudah rusak. Barangsiapa yang akan melakukannya akan dikutuk atau dipastu agar hidupnya hancur. "Bhisama ini adalah keyakinan masyarakat Bali sehingga PHDI dan masyarakat Bali wajib mengamankan bhisama ini agar Bali tidak hancur sebagaimana isi bhisama tersebut," ujar Profesor dengan kumis jembe ini.

Berkenaan dengan itu, PHDI Bali kata Sudiana,  tegas menolak pembangunan tol yang menghubungkan Ketapang dan Gilimanuk. "PHDI Bali menolak jembatan Jawa-Bali seperti yang diwacanakan," tegasnya.

Hal ini menurutnya juga sejalan dengan sikap Wakil Bupati Jembrana Kembang Hartawan yang menyatakan penolakan beberapa hari lalu. Demikian puka visi Pemerintah Provinsi Bali yang saat ini dipimpin Wayan Koster. "Penolakan ini sama semangatnya dengan visi pemerintahan Provinsi Bali Nangun Sat Kertih Loka Bali, khususnya Samudra Kertih dan Jagat Kertih," tandas Rektor IHDN Denpasar ini.

(bx/adi/yes/JPR)

Let's block ads! (Why?)



"bali" - Google Berita
January 27, 2020 at 08:47PM
https://ift.tt/30ZuLdm

Bhisama Mpu Sidhimantra Sebut Bali akan Rusak Jika Digabung Jawa - Jawa Pos
"bali" - Google Berita
https://ift.tt/2STuRRQ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bhisama Mpu Sidhimantra Sebut Bali akan Rusak Jika Digabung Jawa - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.