Search

Meski Natuna Memanas, Kunjungan Turis China ke Bali masih Mendominasi | merdeka.com - Merdeka.com

Merdeka.com - Ketegangan militer Indonesia dengan China di perairan Natuna, tidak menyurutkan jumlah wisatawan asal negeri tirai bambu tersebut berkunjung ke Pulau Bali.

"Tidak ada (dampak), itu kan persoalan lain," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa saat dihubungi, Rabu (8/1).

Dispar Bali sudah bertemu dengan Ketua Bali Tourism Board (BTB) Ida Bagus Agung Partha Adnyana dan Komjen China membahas dampak dari ketegangan tersebut.

"Sudah ketemu dengan Komjen China. Beliau (Ketua BTB) bilang tidak ada masalah dan menyatakan wisatawannya tidak ada urusan dengan itu," imbuhnya.

Astawa menyebutkan, tidak ada pembatalan dari wisatawan China ke Bali. Dan kunjungan mereka tetap mendominasi.

"Kunjungan Tiongkok tetap mendominasi, kan itu indikasinya. Harapan kita ke depannya tidak ada yang membesar-besarkan masalah itu. Saya optimis tidak ada persoalan dengan jumlah kunjungan ke sini," ungkapnya.

Menurutnya, Bali dan China mempunyai kedekatan psikologis lewat legenda romantika Balingkang kisah Raja Jaya Pangus dan putri asal China, Kang Cing Wie.

"Karena di Bali ada budaya akulturasi dari perkawinan Raja Jaya Pangus dan Kang Cing Wie. Sehingga secara psikologis sebenarnya Bali itu ada kedekatan dengan Tiongkok. Apalagi nanti Festival Kintamani Chinese tanggal 8 Februari (2020) akan dilaksanakan, dan itu setiap tahun kita lakukan. Itu lebih menyakinkan keoptimisan saya karena ada ikatan itu," jelasnya.

Kunjungan wisatawan China ke Bali sampai bulan November 2019 mencapai 1,1 juta. Tempat favorit para wisatawan China adalah pantai, makanan seafood serta relaksasi seperti pijat ke SPA. [cob]

Let's block ads! (Why?)



"bali" - Google Berita
January 08, 2020 at 01:41PM
https://ift.tt/39PhwQD

Meski Natuna Memanas, Kunjungan Turis China ke Bali masih Mendominasi | merdeka.com - Merdeka.com
"bali" - Google Berita
https://ift.tt/2STuRRQ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Meski Natuna Memanas, Kunjungan Turis China ke Bali masih Mendominasi | merdeka.com - Merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.